https://cilacap.times.co.id/
Berita

Daging Dam Jemaah Haji Indonesia Akan Dikirim ke Tanah Air

Minggu, 07 Juli 2024 - 21:37
Daging Dam Jemaah Haji Indonesia Akan Dikirim ke Tanah Air Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinand. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES CILACAP, JAKARTA – Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, mengungkapkan bahwa seperti tahun lalu, sebagian daging dam dari petugas dan jemaah haji Indonesia akan dikirim ke Tanah Air. Hal ini disampaikan dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (6/7/2024).

"Tahun ini tercatat 6.500 petugas dan jemaah yang menyalurkan dam mereka pada rumah potong hewan (RPH) yang direkomendasikan pemerintah," terang Widi.

Sebanyak 4.500 ekor kambing akan disembelih dan dagingnya disalurkan di Tanah Suci, sementara 2.000 ekor lainnya akan dagingnya akan dikemas dan dikirim ke Indonesia.

Widi menambahkan, tahun 2023, ada 3.166 ekor kambing dari dam jemaah dan petugas yang dipotong di RPH yang dikemas dan dikirimkan ke Indonesia, lalu dibagikan ke beberapa wilayah.

"Seluruh proses mulai dari penyembelihan, termasuk pengadaan kambing sampai akhirnya menjadi daging matang yang siap dikirim ke Indonesia, sudah dipastikan aman sesuai dengan standar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," jelasnya.

Setiap proses pengepakan juga menjadi perhatian pemerintah, untuk memastikan daging yang dikirimkan ke Tanah Air layak dikonsumsi.

"Selain itu, setiap proses pengepakan juga menjadi perhatian pemerintah, untuk memastikan daging yang dikirimkan ke Tanah Air layak dikonsumsi," pungkasnya. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.