https://cilacap.times.co.id/
Berita

Porsenitas XI Digelar di Cilacap, ini Persiapan yang Dilakukan

Jumat, 05 Juli 2024 - 20:32
Porsenitas XI Digelar di Cilacap, ini Persiapan yang Dilakukan Panitia Porsenitas, Hasanuddin. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, CILACAP – Event Pekan Olahraga dan Seni Daerah Perbatasan (Porsenitas) XI bakal digelar di Kabupaten Cilacap pada Selasa (9/7/2024) hingga Kamis (11/7)2024) mendatang. 

Peserta Porsenitas ada 10 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat seperti Cilacap dan Brebes di Jawa Tengah serta dari Jawa Barat ada Pangandaran, Kota Banjar, Ciamis, Kuningan, Majalengka, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Indramayu. 

Cabang olahraga (cabor) untuk Porsenitas ada 10 cabor dan salah satunya tenis meja. Cabang ini memainkan 5 kelas yaitu tunggal putra eselon, ganda putra eselon, beregu putra single, beregu putra ganda, dan beregu putri single.  

"Alhamdulillah, pada pelaksanaan nanti dibantu oleh Bapak Direktur RSUD Cilacap, khususnya tempat, yakni di Indoor Tennis," kata Hasanuddin, Kabid Barang dan Jasa Setda Kabupaten Cilacap, Jumat (5/7/2024).

Menurutnya, untuk tempat sudah banyak dilakukan rehabilitasi oleh BPPKAD Cilacap seperti pengecatan lapangan, perbaikan atap, lampu, termasuk penataan halaman seperti paving. Sehingga tempat secara umum bisa dimanfaatkan atau digunakan dengan lebih nyaman. 

Dukungan RSUD nantinya akan difokuskan pada pengadaan AC karena kondisi cuaca yang sedang panas. Untuk panitia penyelenggara nanti sudah disiapkan dan bekerja sama dengan PT MSI yang memiliki sumber daya panpel seperti wasit pertandingan

"Sudah kami siapkan. Dan kesiapan dari sisi peserta, Disparpora sebagai panitia induk yang bertanggung jawab," katanya. 

Menurut Hasanuddin, kegiatan ini akan berdampak baik bagi perputaran roda ekonomi Kabupaten Cilacap. Apalagi nanti ribuan orang akan datang menyaksikan. "Ini berdampak bagi masyarakat, dunia usaha, perhotelan, usaha pendukung lainnya, seperti makanan, suvenir, dan lain-lain," ungkapnya. 

Dalam ajang ini ada pameran produk-produk inovasi di Cilacap Expo Alun-alun. Sementara saat upacara pembukaan akan ada devile dan pergelaran seni dari Cilacap. "Serta pentas seni bersama di Lapangan Krida Nusantara, Cilacap Tengah," sambung Hasanuddin. 

Ia menjelaskan tujuan digelarnya Porsenitas ini untuk merekatkan, membina hubungan baik antara kabupaten/kota Jawa Tengah-Jawa Barat. 

"Terciptanya komunikasi regional, saling memberikan hubungan mutualisme dengan menampilkan pameran produk unggulan. Diharapkan terjalin komunikasi antar daerah. Saling memperkenalkan produk-produk antar mereka, juga seni yang ada," jelas mantan Wakil Direktur RSUD Cilacap Bidang Keuangan dan Umum itu. 

Diharapkan selanjutnya antar kabupaten/kota Jateng-Jabar bisa berkolaborasi  antar pelaku usaha yang ada di Cilacap dan kabupaten-kabupaten lain berkolaborasi untuk meningkatkan produksi dan pemasaran. "Yang paling penting menjaga silaturahmi, dan koneksi," ujar Hasanuddin.(*)

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.