Wisata

Asyiknya Menikmati keindahaan segala arah dari Ketinggian Bukit Dami Probolinggo

Senin, 18 Juli 2022 - 01:12
Asyiknya Menikmati keindahaan segala arah dari Ketinggian Bukit Dami Probolinggo Menikmati Sunset merupakan salah satu keindahan yang bisa di nikmati oleh pengunjung dari Ketinggian Bukit Dami Tigasan Wetan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO : Wahyudi B, Teras Tanah For TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, PROBOLINGGOKabupaten Probolinggo, Jawa Timur, banyak memiliki potensi wisata yang belum dikelola secara maksimal. Salah satunya adalah Bukit Dami. Bukit ini berada di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, dengan menyuguhkan pemandangan menarik dan karismanya yang luar biasa. Seakan mata ini tak bosan melihat bukit ini dari segala penjuru mata memandang.

Bukit Dami, menawarkan keindahan  dari segala arah yang tak kalah apik dengan Pegunungan Bromo. Ini karena lokasi dari Bukit Dami yang cukup strategis. Kita juga dimanjakan dengan terbit dan terbenamnya matahari atau Sunset.

Hamparan-Perbukitan-hijau-juga-bisa.jpgHamparan Perbukitan hijau juga bisa di nikmati oleh pengunjung dari Ketinggian Bukit Dami T (FOTO : Wahyudi B, Teras Tanah For TIMES Indonesia)

Bukit Dami berada di ketinggian 200 MDPL. Dari Bukit ini, pemandangan indah tersaji dari segala arah. Bila kita berada di Bukit Dami, kita bisa melihat indahnya Sunset atau matahari tenggelam dari jajaran penggunungan Tengger. Dari arah timur, menyuguhkan Sunrise atau matahari terbit dari jajaran pegunungan Argopuro dan Lemongan. 

Dari arah selatan, pengunjung disuguhi pemandangan 10 gugusan perbukitan nan hijau. Dan dari arah utara,  disuguhi pemandangan gemerlap lampu Kota Probolinggo, dan milky way atau gemerlap bintang-bintang saat malam tiba. 

Keindahan Bukit Dami ini, tak lepas dari tangan kreatif seorang pemuda yang bernama Wahyudi Bahtiar. Dia merupakan salah satu founder organisasi Teras Tanah. Keinginan untuk kembali ke Desa tempat dia dilahirkan, mulai ia rasakan sejak tahun 2019 lalu. 

indah-dan-gemerlap-dari-Ketinggian-Bukit-Dami-T.jpgGemerlap Lampu Kota Probolinggo terlihat indah dan gemerlap dari Ketinggian Bukit Dami T (FOTO : Wahyudi B, Teras Tanah For TIMES Indonesia)

“Akhirnya baru terwujud untuk pulang dan mengumpulkan para pemuda dan membentuk organisasi kepemudaan desa pada 10 November 2019, yang kami beri nama Teras Tanah,” katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (17/7/2022).

Teras Tanah, merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang beranggotakan para pemuda setempat, yang menginginkan kemajuan bagi desanya, yakni Desa Tigasan Wetan. 

“Teras Tanah Roang Sadejeh (Teras Tanah Ruang Untuk Semuanya), menjadi ruang pemuda desa untuk berkarya untuk membangun Desa,” ucap Wahyudi.

Desa Tigasan Wetan, merupakan sebuah desa di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, yang selama ini dikenal dengan desa yang minim potensi dan dicap negative, karena termasuk desa yang rawan akan kejahatan. 

Untuk mengubah stigma masyarakat itulah, Wahyudi, seorang pemuda asli Desa Tigasan Wetan, yang merupakan lulusan dari Politekhnik Negeri Bali ini, mengajak para pemuda di desanya untuk membangun desa. 

Kini nama Teras Tanah, bukan hanya milik organisasi kepemudaan, namun juga menjadi nama Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Tigasan Wetan. 

Keindahan Bukit Dami Tigasan Wetan Leces, kini sudah mulai dikenal oleh masyarakat umum, ini karena sebelumnya Teras Tanah mengelar sebuah event yang diberi tajuk “Mabiruh Ghunong” (menghujaukan Gunung)

Dari event yang bekerjasama dengan Perhutani Provinsi Jawa Timur, inilah bukit Dami mulai dikenal. Pemuda Teras tanah mengajak seluruh warga desa dan masyarakat sekitar untuk kembali menghijaukan Bukit Dami yang dulunya masih gundul dan hanya padang rumput.

“Event Mabiruh Gunung ini kami gelar, untuk memantik kepedulian masyarakat kembali mengihjaukan gunung atau penghijauan kembali hutan yang gundul.” kata Wahyudi,byang juga sebagai Ketua BUMDes Teras Tanah Desa Tigasan Wetan.

“Ya, selayaknya sesuatu yang baru, orang baru, pastinya butuh usaha ekstra untuk meyakinkan warga desa untuk peduli lingkungan. Dan kami melakukan pendekatan-pendekatan personal kepada mereka, agar mereka mau berpartisipasi,” katanya

Pria berkacamata ini juga menceritakan. Dari event Mabiruh Gunung itu, akhirnya ia dan para pemuda desa yang tergabung dalam Teras Tanah, mulai serius menjadikan Bukit Dami sebagai obyek wisata.

Kini Teras Tanah yang juga merupakan BUMDes Tigasan Wetan ini, mulai mengembangkan Bukit Dami dengan jargon keindahan dari segela arah. Bekerjasama dengan pihak desa, dan juga mendapat suntikan dana dari Alokasi Dana Desa Atau ADD. Bukit Dami mulai dikembangkan menjadi obyek wisata berbasis potensi desa yang bukan hanya menyuguhkan wisata alam, tetapi juga wisata literasi dan edukasi. 

BUMDes Teras tanah menyuguhkan paket-paket wisata, di antara wisata edukasi, camping, dan juga agro wisata. 

BUMDes Teras Tanah juga memberdayakan masyarakat sekitar Bukit Dami untuk turut menjaga dan melestarikan Bukit Dami. 

Nah, Bagi anda yang ingin mengunjungi Bukut Dami, aksesnya cukup mudah, hanya kurang lebih 40 menit dari Pusat Kota Probolinggo, ke arah selatan ke desa Tigasan Wetan. Sesampainya di sana, pengunujung bisa memarkirkan kendaraannya di kantong-kantong parkir (rumah penduduk). Untuk selanjutnya berjalan kaki menuju Bukit Dami atau masyarakat sekitar menyebutnya “Nong Dhemih”. 

Para pengunjung juga bisa berwisata dengan paket  glamour camping ground. Teras Tanah sudah menyiapkan segala perlegkapan camping untuk para pengunjung saat ini. 

Dengan mengusung konsep Kelestarian alam, Kesenian dan Kebudayaan, BUMDes Teras Tanah mulai menata kawasan wisata desa Bukit Dami. Salah satunya dengan membuat Amphy Teater, untuk penampilan seni, budaya dan literasi yang saat ini masih dalam pengajuan kerjasama dengan Pertamina Foundation. 

Bagi anda yang ingin menikmati indhnya Bukit Dami di malam hari, BUMDes Teras Tanah juga menyiapkan paket wisata lengkap dari harga paket Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu per paket. 

Yuk, nikmati keindahan dari segala arah bersama BUMDes Teras Tanah di Bukit Dami Tigasan Wetan, Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. (*)

Pewarta : Sri Hartini
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.