Wisata

Lebih Dekat dengan Hilisimaetano, Desa Adat di Nias Selatan

Jumat, 15 Juli 2022 - 02:12
Lebih Dekat dengan Hilisimaetano, Desa Adat di Nias Selatan Masyarakat lokal Hilisimaetano menampilkan budaya tradisional. (FOTO: Liburan Ayo)

TIMES CILACAP, NIAS SELATAN – Jika anda ingin bepergian ke daerah terpencil di Indonesia dan merasakan budaya asli yang masih dipegang teguh oleh semua orang maka Hilisimaetano akan menjadi pilihan yang tepat. Kampung adat ini akan memberikan pengalaman yang begitu eksotis dalam menikmati budaya lokal.

Terletak di Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Hilisimaetano masuk dalam kategori 50 besar Indonesia Tourism Award 2022. Tempat ini menawarkan banyak kearifan lokal terutama budaya setempat.

Hilisimaetano-2.jpg

Masyarakat setempat memegang tradisi nenek  moyang mereka dengan teguh. Bahkan beberapa peninggalan zaman megalitikum masih bisa ditemukan dan dipakai di desa ini. Bahkan sistem pemerintahannya pun masih kerajaan meskipun dalam lingkup kecil.

Masyarakat dibagi menjadi beberapa kelas.Para pria dan wanita masyarakat setempat bahkan akan berpakaian dengan cara tradisional menggunakan pakaian tradisional mereka sehari-hari. Pemandangan menawan yang anda temukan di zaman modern seperti ini.

Hilisimaetano-3.jpg

Hilisimaetano juga masih memegang teguh tradisi tarian dan permainan tradisional ratusan tahun lalu. Sebut saja tari Mogaele, tari harimau, lompat batu, dan banyak lagi. Tentunya anda tak asing dengan lompat batu pulau nias bukan? Nah desa ini juga masih melestarikan adat tersebut.

Bahkan mereka masih memiliki tumpukan batu setinggi 2 meter yang sudah dipakai selama ratusan tahun. Batu ini menjadi penanda kedewasaan seorang pemuda. Pemuda yang berhasil melompati batu ini dianggap telah dewasa.

Hilisimaetano-4.jpg

Tingginya tingkat kesulitan melompati batu ini membuat siapapun yang mampu melompatinya akan mengharumkan nama keluarga mereka. Namanya akan dielu-elukan hingga nantinya muncul pemuda lain yang berhasil melompati batu tersebut.

Selain kebudayaan, Hilisimaetano juga memiliki pemandangan yang menakjubkan yakni hamparan sawah luas nan menghijau. Puas memandangi sawah anda bisa mampir ke toko-toko suvenir dan membawa oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari masyarakat lokal. Bagaimana? Tertarik menjelah desa adat ini?. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.