Pendidikan

Keren! UIN Maliki Malang Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Mahasiswa Internasional

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:25
Keren! UIN Maliki Malang Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Mahasiswa Internasional Kantor Urusan Internasional (KUI) UIN Maliki Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, MALANGUIN Maliki Malang tengah gencar untuk memperluas eksistensinya di kancah internasional. Hal ini senada dengan visi kampus yang ingin menjadikan kampus berlogo Ulul Albab ini sebagai kampus Islami bereputasi Internasional.

Salah satu cara untuk mewujudkan visi itu adalah dengan membuka sebuah peluang dan kesempatan bagi mahasiswa asing dari seluruh dunia agar dapat merasakan “iklim” perkuliahan Islam di UIN Maliki Malang. Program unggulan yang digagas ini adalah International Student Scholarship (ISS Program).

Selain memberikan kesempatan emas bagi calon mahasiswa asing yang ingin berkuliah di UIN Maliki Malang, program ini juga bertujuan untuk menjalin dan mempererat kerjasama dengan negara-negara sahabat Indonesia. 

KUI-UIN-Maliki-Malang-2.jpgPamflet program International Student Scholarship (FOTO: Dok. Website io.uin-malang.ac.id)

“Kami memberikan kesempatan bagi semua penduduk di seluruh dunia untuk turut merasakan pendidikan Islam di UIN Malang,” jelas Muhammad Faruq, Asisten Manager Sistem Informasi Kantor Urusan Internasional (KUI) UIN Maliki Malang saat ditemui di kantornya.

Program beasiswa ini dibuka untuk seluruh kalangan, mulai dari Strata 1 sampai Program Doktoral. Seluruh calon mahasiswa baru dari luar negeri ini dapat memilih program studi yang ditawarkan di UIN Maliki Malang, kecuali untuk program studi Pendidikan Dokter. 

Terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh calon mahasiswa asing ini. Diantaranya, asuransi kesehatan, tempat tinggal, ujian-ujian termasuk skripsi, BIPA (Indonesian Language for Foreigner Program), dan tentunya bebas uang kuliah tunggal atau (UKT).

Program unggulan ini akan dibuka bagi 30 mahasiswa asing yang nantinya akan difasilitasi kelas Bahasa Indonesia. Selain itu, seluruh calon mahasiswa asing yang akan mendaftar ini juga akan dibekali ilmu tentang budaya dan sosial di Indonesia.

“Jadi selain belajar bahasa Indonesia, mereka nanti juga akan belajar budaya, sosial, Pancasila, Kewarganegaraan di program BIPA tadi,” tambah Muhammad Khafid, Staff KUI UIN Malang.

Seluruh calon mahasiswa asing ini juga diwajibkan untuk melampirkan syarat pendukung seperti sertifikat bahasa asing, entah TOAFL atau TOEFL, paspor, ijazah terakhir, transkrip nilai, dan surat rekomendasi, serta Curriculum Vitae (CV). Khusus untuk calon mahasiswa S3, diwajibkan untuk melampirkan proposal research.

KUI-UIN-Maliki-Malang-3.jpgMuhammad Faruq dan Muhammad Khafid saat ditemui di KUI UIN Maliki Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

“Tidak banyak prosedur yang menyulitkan. Supaya mempermudah mereka (calon mahasiswa),” jelas Khafid.

Pendaftaran International Student Scholarship ini akan dibuka sampai tanggal 29 Juli 2022 nanti. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibuka melalui laman resmi KUI UIN Malang di https://io.uin-malang.ac.id/.

Dengan adanya program unggulan ini, diharapkan UIN Maliki Malang semakin mampu menggaet mahasiswa asing dari seluruh dunia dan menjadikan UIN Maliki Malang sebagai kampus unggul bereputasi internasional. (*)

Pewarta : Firda Aulia Rachmasari (MG-415)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.