Pendidikan

2.689 Siswa Diterima SMA dan SMK Negeri di Gresik Tahap Awal

Senin, 27 Juni 2022 - 12:24
2.689 Siswa Diterima SMA dan SMK Negeri di Gresik Tahap Awal Salah satu siswa SMA di Gresik saat mengikuti belajar mengajar (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, GRESIK – Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA maupun SMK Negeri di Gresik telah usai. Sebanyak, 2.689 siswa diterima sekolah tingkat atas milik pemerintah tahap pertama dan kedua jalur afirmasi, prestasi dan nilai akademik.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Gresik, Kiswanto mengatakan ribuan siswa yang diterima ini menyingkirkan 8.159 siswa tingkat pertama yang mendaftar mengajukan PIN. Namun, masih ada jalur zonasi yang akan dilakukan pengumuman pada waktu mendatang.

"Peserta didik yang mendapatkan PIN ada 8.099, sudah ditangani 8.144, berkas salah 41 dan revisi data 3, yang diterima 2.689, ini pengumuman tahap pertama dan kedua," katanya, Senin (27/6/2022).

Soal pagu, Kiswanto menyampaikan jika mekanisme sama seperti tahun lalu. Ada 50 persen dari pagu yakni zonasi, kemudian afirmasi 15 persen dengan rincian keluarga tidak mampu sebanyak 7 persen, disabilitas 3 persen. Lalu Jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen dan prestasi 5 persen.

Kiswanto menjamin, pelaksanaan PPDB tahun ini dilakukan dengan transparan dan akuntabel. Setelah pengumuman, para wali sisw diimbau untuk melakukan daftar ulang ke masing-masing sekolah.

"Daftar ulangnya gratis," imbuhnya, tegas.

Mengenai seragam, Kiswanto menyatakan bukan urusan di luar PPDB. Dia menyebut, orang tua wali bisa membeli seragam dimanapun asalkan warna dan corak seragam semua. 

"Seragam putih abu-abu dan pramuka, sama batiknya mungkin yang beda. Monggo itu urusan di luar PPDB. Bisa beli dimana saja asal sekolah bisa berseragam," tambahnya menanggapi sebanyak 2.689 siswa diterima ke jenjang SMA dan SMK Negeri. (*)

 

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.