Olahraga

Ajang Terakhir, Maria Goreti Samiyati Bertekad Bawa Indonesia Juara 

Kamis, 04 Agustus 2022 - 23:19
Ajang Terakhir, Maria Goreti Samiyati Bertekad Bawa Indonesia Juara  Atlet balap kursi roda Indonesia Maria Goreti Samiyati membawa bendera Merah Putih usai finis di posisi pertama pada final 400 meter putri T54 ASEAN Para Games 2022, Kamis (4/8/2022). (FOTO: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

TIMES CILACAP, SURAKARTA – Atlet ASEAN Para Games 2022, Maria Goreti Samiyati memperkuat perolehan medali Indonesia di ajang dua tahunan khusus untuk disabilitas itu. Atlet balap kursi roda ini berhasil menorehkan 3 medali yakni dua emas dan satu perak.

Nama Maria Goreti Samiyati berjaya di cabor balap kursi roda klasifikasi T54 itu salah satunya didapat dari nomor 400 meter yang berlangsung di lintasan atletik Stadion Manahan, Surakarta, Kamis. Sebelumnya ia merebut perak nomor 100 meter dan emas 200 meter.

Hasil yang dicapai oleh atlet asal Cilacap ini jelas menjadi kabar baik bagi kontingen Indonesia yang sejak awal bertekad mempertahankan predikat juara umum. Maria Goreti sendiri mengaku bangga bisa membuah harus nama Indonesia di kancah internasional.

"Ini terakhir makanya saya teriak-teriak 'Indonesia, Indonesia'. Ini Penghabisan," kata Maria Goreti dalam keterangan resminya usai final 400 meter balap kursi roda putri, di Stadion Manahan Surakarta.

Raihan emas di nomor 200 meter benar-benar menjadi motivasi bagi Maria untuk meraih hasil terbaik di nomor 400 meter. Benar saja, salah satu atlet senior ini langsung melejit dengan meninggalkan rival-rivalnya dan masuk finis dengan waktu satu menit 2,77 detik.

Untuk medali perak nomor 400 meter ini direbut oleh atlet asal Thailand, Techinee dengan waktu satu menit 4,52 detik, sedangkan medali perunggu direbut atlet sesama Indonesia, Nina Gusmita dengan waktu satu menit 6,15 detik.

Maria Goreti merupakan salah satu atlet andalan Indonesia. Ia bergabung dengan National Paralympic Commitee (NPC) sekitar 2014 dan tenis kursi roda serta bulu tangkis menjadi pilihan awalnya. Namun, dari kedua cabang yang digeluti belum membuahkan hasil.

Setelah itu, atlet ASEAN Para Games 2022 kelahiran 20 Juni 1988 berubah haluan dengan menekuni cabang atletik sejak 2015. Hasilnya cukup menggembirakan dan bahkan menjadi bagian dari kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 di Jakarta. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.