Olahraga

Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Presiden Jokowi Hadiri Closing Ceremony

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 19:44
Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Presiden Jokowi Hadiri Closing Ceremony Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia (dua dari kiri) saat menyampaikan pernyataan dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Para Games 2022. (FOTO: Edy Widodo/ TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, SOLO – Prestasi Indonesia dalam kancah ASEAN Para Games 2022 patut dibanggakan dan diapresasi. Mengingat dalam pelaksanaan multi olahraga di Asia Tenggara ini, Indonesia berhasil meraih target 4 Sukses, yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Administrasi dan Sukses Ekonomi.

Di sisi lain, Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022 akan dihadiri langsung oleh Presiden RI; Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat sejak awal persiapan hingga akhir pelaksanaan.

“Kita berhasil menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang ramah didukung antusiasme penonton yang sangat luar biasa untuk menyaksikan para atlet disabilitas berlaga selama event diselenggarakan. Yang lebih membahagiakan kali ini adalah kita tidak sekadar menjadi tuan rumah, tapi juga menjadi juara umum dengan 171 medali emas, 138 medali perak dan 110 medali perunggu,” papar Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, dalam Press Confrence ‘Kesuksesan ASEAN Paragames Solo 2022 di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Sabtu (6/8/2022).

Angkie-Yudistia-2.jpg

Lebih jauh dijelaskan Angkie, semangat juang para atlet disabilitas menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Diharapkan setelah prestasi di ASEAN Para Games 2022 ini, Indonesia masin menatap optimistis untuk event-event olahraga ke depan, salah satunya adalah Paralympiade 2024 di Paris.

“Sekali lagi terima kasih kepada stakeholder di Kementerian dan Lembaga serta matur nuwun sanget untuk Pemerintah Kota Surakarta serta seluruh warganya yang rela membantu terselenggaranya 11th ASEAN Para Games 2022 dengan sangat baik. Ini sungguh luar biasa karena kami benar-benar merasakan gegap gempita pesta olaharga untuk disabilitas se Asia Tenggara,” tegas Angkie Yudistia.

Turut hadir dalam press confrence ini Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga; Chandra Bhakti, Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Kreatifitas dan Inovasi Milenial; Alia Noor Ayu Laksono dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik; Usman Kamsong.   

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga; Chandra Bhakti menegaskan, Solo menjadi benchmarking sekaligus kota yang ramah bagi disabilitas. Terlebih pusat Pelatnas bagi pembinaan atlet disabilitas ada di kota Solo. Sehingga sangat layak Indonesia meraih kesuksesan dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.

“Sukses penyelenggaraan sudah tercapai, sukses prestasi kita sudah berhasil menjadi Juara Umum. Sukses pemberdayaan ekonomi atau dampak ekonomi terlihat dari penuhnya okupansi hotel dan persewaan mobil. Sedangkan sukses administrasi, terlihat dari penggunaan anggaran APBN yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,” terang Chandra Bhakti.  

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik; Usman Kamsong, turut mengapresiasi peran media massa yang telah ikut andil mempublikasikan event ASEAN Para Games 2022. Sehingga Indonesia mampu meraih 4 sukses.

“Keempat sukses ini pada akhirnya mampu memunculkan citra positif bagi negara Indonesia di kalangan negara ASEAN. Terlebih pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 menjadi acuan penyelenggaraan ASEAN Para Games berikutnya. Hal itu sudah menunjukkan nation branding negara kita,” jelas Usman Kamsong.

Hal senada juga disampaikan Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Kreatifitas dan Inovasi Milenial, Alia Noor Ayu Laksono. Menurutnya, kesuksesan ajang ASEAN Para Games 2022 ini membuktikan Indonesia sangat bisa untuk menyelenggarakan event internasional untuk olahraga.

“Di event ini membuktikan juga bahwa kita bisa treatment teman-teman difabel seperti biasa dan sama rata. Di sisi lain, atlet difabel Indonesia tidak kalah hebat dengan atlet non difabel,” ujar Alia

Selain memberikan apresiasi, Alia juga berharap kegiatan ASEAN Para Games 2022 bisa menginspirasi kalangan disabilitas untuk meraih prestasi. Terlebih dukungan dari pemerintah sangat memadai. Yang tertera dalam desain besar olahraga nasional yang telah dirancang Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Saya berharap ajang (ASEAN Para Games) ini menjadi kegiatan yang inspirasional bagi teman-teman difabel khususnya kaum milenial yang berkeinginan untuk menjadi atlet. Karena dukungan dari pemerintah sangat terbuka untuk hal ini,” ungkapnya. (*)

Pewarta : Edy Widodo (MG-358)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.