News Commerce

Kemeja Brand Lokal 'Telusur Kultur' Curi Perhatian Sandiaga Uno

Selasa, 07 Juni 2022 - 17:48
Kemeja Brand Lokal 'Telusur Kultur' Curi Perhatian Sandiaga Uno Sandiaga Uno saat memakai produk dari Telusur Kultur. (foto: instagram: sandiuno)

TIMES CILACAP, SURABAYA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno tampak mengenakan busana yang diproduksi oleh brand lokal Telusur Kultur.

Sandi mengenakan atasan dengan motif ilustrasi kuliner khas Indonesia saat menghadiri Pelatihan dan Workshop Pemberdayaan UMKM Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Tak hanya mengenakan busana yang unik dan berbeda, Sandi juga mengungkapkan kebanggaannya mengenakan busana karya anak bangsa tersebut.

Seperti yang ia tuliskan dalam laman Instagram miliknya. Sandi mengunggah sebuah foto di mana ia memakai atasan kemeja dari Telusur Kultur.

memberikan-keterangan-tentang-pesatnya-pemulihan-ekonomi-Kabupaten-Bany.jpg

"Dengan mengenakan baju dari brand karya anak bangsa @telusurkultur, saya menyampaikan harapan besar supaya para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif dapat memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi ini untuk mengambil peluang usaha dan peluang kerja sebanyak-banyaknya," tulisnya dalam Instagram official @sandiuno.

Telusur Kultur sendiri merupakan brand lokal asal Jakarta yang konsisten menjual kemeja dengan ilustrasi budaya-budaya Indonesia. Kemeja buatan Telusur Kultur tersebut sempat viral dipakai olah berbagai kalangan mulai dari pejabat, artis hingga penggiat industri kreatif.

Hal ini menunjukkan produk buatan Telusur Kultur mendapat respons baik dari masyarakat Indonesia yang mempunyai semangat yang sama untuk menjadi bagian dari identitas Indonesia.

"Dengan suka cita Telusur Kultur membawa nuansa khas Indonesia, untuk mengenal kembali akan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Seperti koleksi ini, bermula dari kecintaan pada kekayaan kuliner Indonesia, kami keluarkan koleksi kemeja dengan ilustrasi makanan Nusantara yang juga membantu UMKM penjual makanan tradisional," ujar Renaldi dari Telusur Kultur.

Melihat peluang bagus, brand Telusur Kultur kemudian meluncurkan koleksi terbaru mereka. Lewat Koleksi Asa dan Rasa, Telusur Kultur menciptakan dua jenis kemeja penuh ilustrasi yang menggambarkan keberagaman budaya di Indonesia.

Mulai dari kemeja 'Manusia Indonesia' yang berisi tokoh-tokoh penting di Indonesia, dan ada kemeja 'Rasa Nusantara' yang menarik karena mengangkat tema makanan tradisional Indonesia.

memberikan-keterangan-tentang-pesatnya-pemulihan-ekonomi-Kabupaten-Bany-2.jpg

"Konsep Telusur Kultur lahir pada tahun 2019, waktu itu adalah tahun Pemilu, dan waktu itu kita agak jenuh tentang bahasan yang itu-itu saja tentang negara kita. Nah muncullah ide bagaimana cara nya kita berpartisipasi dalam menceritakan apa itu Indonesia," ungkap Renaldi.

Renaldi menjelaskan bahwa Telusur Kultur ini tercipta karena mereka bosan dengan bahasan media tentang politik. Dari sana lah muncul ide untuk membuat suatu produk atau brand, yang akan membangkitkan memori atau kenangan orang-orang tentang Indonesia.

"Di awal tahun 2020, brand Telusur Kultur sempat viral karena dipakai oleh Mas Gibran Rakabuming Raka. Dari sana kita dan Mas Hari memutuskan untuk melanjutkan brand Telusur Kultur ini, agar bisa terus memberikan ingatan bahagia dan rasa bangga tentang Indonesia," katanya.

Gencar melakukan promosi di media sosial, Telusur Kultur sukses menarik perhatian banyak orang dengan koleksi Asa dan Rasa. Ternyata ada alasan tersendiri mengapa Renaldi dan tim, memutuskan untuk mengangkat makanan Indonesia sebagai desain kemeja terbaru di Telusur Kultur.

"Makanan Indonesia itu sebenarnya harta karun ya menurut kami. Kita mungkin merasa biasa biasa saja karena setiap hari kita konsumsi, jadi menurut kita itu topik menarik untuk kita olah. Sekaligus sebagai pengingat untuk kita semua, kalau kita beruntung banget jadi orang Indonesia yang makanan nya enak semua," lanjut Renaldi.

Di dalam kemeja 'Rasa Nusantara' contohnya, ada banyak ilustrasi makanan yang digunakan. Mulai dari sate, lontong, gulai, opor, jajanan pasar dan masih banyak lagi.

Tim Telusur Kultur juga meminta feedback atau masukan dari konsumen saat mereka mendesain setiap produk terbaru. Jadi makanan-makanan yang ada di kemeja 'Rasa Nusantara' merupakan gabungan dari makanan kesukaan orang-orang di Indonesia.

Tak heran, meski koleksi kemeja Asa dan Rasa ini terbilang baru diluncurkan. Tapi sudah banyak public figure hingga pejabat yang mengenakan kemeja ini. Mulai dari Dian Sastro, Sandiaga Uno, Axton Salim, Dimas Djay dan masih banyak lagi.

Menurut Renaldi dan tim Telusur Kultur, salah satu cara untuk merayakan hari kemerdekaan bisa dengan menikmati hidangan khas Indonesia.

Mereka juga punya misi menarik untuk membantu UMKM penjual makanan tradisional, lewat penjualan kemeja 'Cita Rasa Nusantara'. Setiap pembelian satu kemeja 'Cita Rasa Nusantara' seharga Rp 349 ribu (harga normal: Rp 419 ribu).

Pembeli sudah ikut menyumbangkan 1 makanan tradisional yang dijual oleh UMKM, ke orang-orang yang membutuhkan.

"Kita sadar bahwa banyak makanan tradisional itu dijual oleh UMKM sektor informal. Secara tidak langsung mereka yang mempertahankan budaya kuliner kita. Kalau tidak ada mereka, tidak ada yang bikin lagi. Nah di masa pandemi ini pasti sulit untuk mereka jualan, kita semua tau lah dampak ekonomi nya," jawab Renaldi, ketika ditanya alasannya membantu UKM makanan tradisional.

"Makanya kita punya gagasan setiap pembelian 1 kemeja, akan dibelikan 1 porsi makanan lewat UKM. Makanan ini lalu dibagikan ke yang membutuhkan, jadi dampak nya sistemik. Kita sebagai pelaku UMKM dapat bertahan, usaha-usaha kuliner bisa terbantu, orang-orang yang membutuhkan bisa makan," sambungnya.

Ke depannya, Renaldi optimistis dan semangat untuk tetap memberikan yang terbaik bagi Indonesia. "Di project selanjutnya, Telusur Kultur tidak akan berhenti membicarakan hal yang baik tentang Indonesia. Kita juga menjadikan Indonesia sebagai inspirasi utama. Mungkin akhir tahun ini bakal launching beberapa project baru," jelas dia.

Semua koleksi kemeja Telusur Kultur bisa dibeli langsung lewat situs resmi mereka di telusurkultur.com. Atau cek Instagram @telusurkultur untuk informasi lebih lanjut.

Telusur Kultur baru saja menjalankan kampanye dengan menggalang modal untuk UMKM, seluruh profit kemejanya diberikan secara cuma-cuma ke UMKM terpilih untuk menjalankan usaha mereka.

“Karena penyebab UKM gulung tikar adalah tidak adanya modal untuk melanjutkan bisnisnya. Sesama UMKM, Telusur Kultur secara konsisten mendukung penggiat UMKM yang lain demi kebangkitan ekonomi bersama," pungkas Renaldi.  (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.