Berita

Presiden RI Jokowi: Terminal Kijing akan Tingkatkan Daya Saing Produk Unggulan Kalbar

Selasa, 09 Agustus 2022 - 14:54
Presiden RI Jokowi: Terminal Kijing akan Tingkatkan Daya Saing Produk Unggulan Kalbar Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuju Kalimantan Barat. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)

TIMES CILACAP, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) meyakini pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) yang begitu besar akan mampu mendukung peningkatan daya saing produk unggulan Kalbar seperti minyak sawit mentah, alumina dan bauksit.

“Saya kaget karena saat dulu groundbreaking, pikiran saya tak seperti ini, tapi akan sangat bagus, bahwa terminal pelabuhan yang dibangun ini memang betul-betul sudah dicek feasibility study-nya (uji kelayakan) dan kebutuhan baik untuk kontainer maupun non peti kemas,” ucap Presiden.

Kepala Negara menyampakan itu usai meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa, sebagaimana disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/8/2022).

Kata Presiden, Terminal Kijing akan melancarkan arus logistik untuk pengiriman produk-produk unggulan Kalbar. Selain itu, Terminal Kijing juga diharapkan membantu ekspor dari hilirisasi produk andalan Kalbar seperti bauksit, alumina dan CPO.

“Larinya nanti ke sana, larinya hilirisasi CPO, hilirisasi bauksit, larinya ke industrialisasi, karena di situlah kita akan mendapatkan nilai tambah,” harap Presiden.

Dengan dibangunnya Terminal Kijing ini, Presiden juga membuka kesempatan bagi investor swasta yang ingin menanamkan modalnya di Kalimantan, khususnya Kalbar. Di kawasan sekitar Terminal Kijing, kata Presiden, akan turut dibangun kawasan industri.

“Dibangun lagi, diberikan kesempatan untuk industri yang berdekatan dengan pelabuhan sehingga tak ada (biaya) transport dari industri ke pelabuhan, sehingga sangat efisien,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi, dalam peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, mengatakan terminal tersebut akan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

“Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu Teus, dan juga 8 juta yang non-peti kemas. Sangat besar sekali. Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan. Tadi tanya Dirut PT Pelindo, ‘habis berapa Pak’, gede banget, Rp2,9 triliun,” demikian Presiden RI Jokowi dalam peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kalbar. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.