https://cilacap.times.co.id/
Berita

Menteri PUPR RI: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:40
Menteri PUPR RI: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan World Water Forum ke-10, Kamis (16/5/2024).  (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES CILACAP, BALI – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian World Water Forum ke-10 mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rangkaian agenda sebagai kesiapan penyelenggaraan forum internasional dalam pengelolaan Sumber Daya Air.

"Mulai tanggal 18 Mei 2024 ada kegiatan Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali (KKB) pada Sabtu sore, untuk memperkenalkan pada dunia tradisi Bali yang menjadikan air sebagai suatu yang suci. Sekitar 2.000 orang akan mengikuti acara ini, kemudian dilanjutkan Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana pada Minggu 19 Mei 2024," kata Menteri PUPR RI pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan World Water Forum ke-10, Kamis (16/5/2024). 

Untuk seremoni pembukaan (opening ceremony) Menteri PUPR RI mengatakan, akan dilaksanakan pada Senin pagi, 20 Mei 2024 di Bali International Convention Center (BICC). "Acara pembukaan dibagi menjadi dua, satu di Mangupura Hall BIC untuk yang hadir secara langsung, dan ada tempat lain lewat sistem mirroring. Total ada sekitar 6.000 orang dalam pembukaan," ujarnya. 

Selanjutnya pada hari yang sama Menteri Basuki mengatakan akan dilanjutkan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. "Kemudian pada Senin sorenya akan ada Bali Art Karnival di Nusa Dua untuk memamerkan pesta kesenian Bali," kata Menteri PUPR RI.

World-Water-Forum-ke-10-2.jpg

Kegiatan World Water Forum ke-10 juga akan diisi dengan Pameran (Fair and Expo) yang dimulai pada Senin 20 Mei 2024 tersebar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali Collection, dan Pantai Kuta. "Di BNDCC ada 21 Paviliun Negara yang ikut dan 126 organisasi. Kemudian di Tsunami Shelter Kuta ada 70 paviliun, kemudian di Bali Collection UMKM ada 51 paviliun," ungkap Menteri PUPR RI. 

Dikatakan Menteri PUPR RI, Forum ini akan diisi dengan pertemuan yang dibagi menjadi Sesi Proses Politik, Tematik, dan Regional pada 20-24 Mei 2024. "Total ada 283 sesi untuk mendiskusikan strategi pengelolaan air," kata Menteri Basuki. 

Selanjutnya pada Kamis, 23 Mei 2024 Menteri PUPR RI mengatakan akan diselenggarakan Melasti Water Carnival di Pantai Melasti, Closing Ceremony pada Jumat, 24 Mei 2024 di Mangupura Hall, Cultural Night (Farewell) pada Jumat, 24 Mei 2024 di Taman Bhagawan dan Field Trip pada Sabtu, 25 Mei 2024 antara lain ke lokasi Water Museum Subak di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, Cultural
Village Ubud, dan Kebun Raya Bedugul.

Hingga hari ini, Menteri Basuki menyebutkan peserta yang telah mendaftar sebanyak 14.000 orang dari nasional serta internasional dan terus bertambah hingga pembukaan. "Forum ini akan dihadiri 8 Kepala Negara, 3 Deputy Prime Minister, 3 utusan khusus, 19 Menteri/Setingkat Menteri yang mewakili Kepala Negara dan ada 20 pejabat lainnya serta organisasi internasional," ujarnya. 

Khusus untuk pertemuan tingkat Menteri (Ministrial Meeting), Menteri PUPR RI mengatakan akan hadir Menteri/pejabat senior dari 132 Negara dan 27 organisasi internasional. "Namun jumlah ini masih terus bergerak karena masih ada beberapa negara yang belum memberikan konfirmasi," kata Menteri Basuki.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga hadir dalam rapar tersebut berpesan kepada Panitia Penyelenggara untuk terus memastikan kesiapan World Water Forum ke-10. "Penyelenggaraan sudah semakin dekat, panitia agar memeriksa kesiapan bidang masing-masing," kata Menteri Luhut. (*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.