Berita

Militer China-Taiwan Saling Unjuk Gigi Dalam Latihan Perang

Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:38
Militer China-Taiwan Saling Unjuk Gigi Dalam Latihan Perang Tentara Taiwan menembakkan howitzer selama latihan anti-pendaratan langsung di daerah Pingtung, Taiwan selatan pada 9 Agustus 2022. (FOTO: Al Jazeera/AFP)

TIMES CILACAP, JAKARTAChina dan Taiwan saling unjuk gigi, saling berdekatan di laut dan sama-sama latihan perang pada hari Selasa (9/8/2022).

Bahkan di laut, militer China dan Taiwan juga saling berdekatan, dimana 20 kapal angkatan laut China dan Taiwan sama-sama bertahan dekat dengan garis median Selat Taiwan.

Kapal-kapal perang China berusaha untuk "menekan" ke zona penyangga tidak resmi. 

Di darat, militer Taiwan latihan menembakkan langsung artileri sebagai  simulasi pertahanan pulau itu.

Juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan Taiwan, Lou Woei-jye membenarkan bahwa latihan telah dimulai di wilayah selatan Pingtung tak lama setelah pukul 00.40 GMT dengan menembakkan suar dan artileri target.

"Latihan akan berakhir sekitar pukul 01.30 GMT," tambahnya.

Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China yang memandang tetangganya itu sebagai bagian dari wilayahnya yang suatu hari akan direklamasi, dengan paksa jika perlu.

"Latihan militer Taiwan yang berlangsung pada hari Selasa dan Kamis lusa akan mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 howitzer," kata militer Taiwan.

Lou menambahkan Senin, latihan itu sudah dijadwalkan dan tidak diadakan sebagai tanggapan atas latihan China.

Pulau itu secara rutin menggelar latihan militer yang mensimulasikan invasi China dan bulan lalu mempraktekkan memukul mundur serangan dari laut dalam "operasi intersepsi bersama" sebagai bagian dari latihan tahunan terbesarnya

Sementara China juga melanjutkan dengan latihan udara dan angkatan lautnya yang dimulai pekan lalu sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke wilayah yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Tak lama setelah latihan selama satu jam di Taiwan itu diakhiri, giliran Komando Teater Timur China mengumumkan bahwa mereka melanjutkan latihannya di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan.

China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebuah pulau yang berpenduduk 23 juta orang itu sebagai miliknya. 

China menyebut kunjungan Pelosi ke sana pekan lalu sebagai pelanggaran kedaulatannya dan provokasi oleh Amerika Serikat.

Latihan udara dan laut bersama yang diluncurkan sebagai tanggapan telah menjadi yang terbesar di Selat Taiwan dan melibatkan peluncuran uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya.

Mereka mengambil tempat di enam zona di sekitar pulau dan dijadwalkan berlangsung selama empat hari dan berakhir pada hari Minggu.

Tetapi Komando Teater Timur China mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan memperpanjang latihan, dan dalam waktu yang sama Taiwan juga menggelar latihan menembakkan artileri dari darat ke laut. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.