https://cilacap.times.co.id/
Berita

Gempa Cilacap 4,9 Magnitudo, Getarannya Terasa Hingga Yogyakarta

Senin, 22 April 2024 - 17:04
Gempa Cilacap 4,9 Magnitudo, Getarannya Terasa Hingga Yogyakarta Pusat Gempa. (FOTO: Dokumen di internet for TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, CILACAPGempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 4,9, namun efek getarannya terasa hingga Yogyakarta, Senin (22/4/2024). 

Itulah gempa yang mengguncang Cilacap. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 77 km tenggara Cilacap. Gempa terjadi pada pukul 00:48:02. Gempa berada pada kedalaman 39.0 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Sementara, titik koordinat gempa berada pada 8.38 LS (Lintang Selatan) dan 109.24 BT (Bujur Timur). 

Cilacap-kota.jpgCilacap kota. (FOTO: Dokumen di internet forTIMES Indonesia) 

Demikian dikatakan Bagus Pramujo, Kepala BMKG Tunggul Wulung, Cilacap. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 5 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

"Hari Senin, 22 April 2024 pukul 07.48.02 WIB wilayah Cilacap, Jawa Tengah dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik,"kata Bagus. 

Ia menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

Cilacap-kota-2.jpgCilacap kota. (FOTO: Dokumen di internet forTIMES Indonesia) 

BMKG menyebutkan gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Pangandaran, Ciamis, Bantul, Cilacap, Kebumen dan Banjarnegara dengan skala III, III, II, II, II dan II. Skala MMI yang dirasakan adalah II yang artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

"Hingga saat ini belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock," katanya.

Sementara, Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie menambahkan, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Agar menghindari  bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," katanya.. 

Ia melanjutkan agar periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Setyoajie Prayoedhie, Senin (22/4/2024) siang. (*)

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.