Berita

Bawaslu Cilacap Luncurkan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:17
Bawaslu Cilacap Luncurkan Buku Sejarah Pengawas Pemilu Buku 'rekam jejak' ini akan sangat bermanfaat bagi Pengawas Pemilu generasi berikutnya. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, CILACAP – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Cilacap (Bawaslu Cilacap) meluncurkan buku Sejarah Pengawas Pemilu.

Buku dengan judul 'Napak Tilas Sejarah Pengawas Pilkada dan Pemilu Kabupaten Cilacap 2004-2019' diluncurkan di Kantor Bawaslu Kabupaten Cilacap, Selasa (9/8/2022).

Buku tersebut ditulis oleh Anggota Bawaslu Cilacap dan staf serta didukung Koordinator Sekretariat dan seluruh personel Bawaslu Kabupaten Cilacap.

Buku ini berisi tentang penyelenggaraan Pilkada/Pemilu, profil lembaga Panwas/Bawaslu, peristiwa menonjol dan menarik yang terjadi pada setiap kegiatan pengawasan. Juga profil Anggota Panwas/Bawaslu masing-masing periode.

rekam-jejak-b.jpg

Ketua Bawaslu Kabupaten Cilacap Bachtiar Hastiarto mengatakan, buku sejarah pengawas Pemilu ini mencakup 10 kegiatan pengawasan, diawali kegiatan Panwas Pemilu tahun 2004, Panwas Pilbup Cilacap tahun 2007, Panwas Pilgub Jateng tahun 2008, Panwas Pemilu tahun 2009, Panwas Pilbup Cilacap tahun 2012, Panwas Pilgub Jateng tahun 2013, Panwas Pemilu tahun 2014, Panwas Pilbup Cilacap tahun 2017, dan Bawaslu Kabupaten Cilacap pada Pemilu tahun 2019.

"Rentang waktu pengawas Pemilu yang ada di buku ini dimulai Pemilu 2004 atau sekitar 18 tahun lalu. Banyak kendala dan tingkat kesulitan beragam yang kita hadapi," ucap Bachtiar.

Ia menambahkan, kendala tersebut diantaranya mantan anggota Panwas yang sudah tidak lagi tinggal di Cilacap dan tidak diketahui keberadaannya. Bahkan, ada juga yang sudah meninggal dunia.

"Mantan anggota Panwas yang berhasil dilacak dan mau diwawancara rata-rata berusia lanjut, sehingga kurang bisa mengingat dan menceritakan kembali peristiwa-peristiwa menarik yang terjadi pada saat itu," jelasnya.

Perjalanan panjang jejak pengawas Pemilu menjadi penting untuk ditulis dan dibukukan mengingat masing-masing periode Panwas Pemilu memiliki dinamika, tingkat kesulitan, dan tantangan tersendiri yang harus dihadapi dan diperjuangkan oleh para anggota Panwas yang bertugas pada saat itu.

rekam-jejak-c.jpg

Bachtiar menambahkan, Buku Sejarah Pengawas Pemilu menggambarkan rekam jejak personel dan lembaga baik yang berkaitan dengan tantangan, perjuangan, soliditas, dan keberhasilan maupun kelemahan dan kekurangan yang ada pada personel maupun Kelembagaan Pengawas Pemilu.

"Rekam jejak ini akan sangat bermanfaat bagi Pengawas Pemilu generasi berikutnya untuk bahan evaluasi dan refleksi ke depan," imbuhnya.

Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Cilacap Umi Fadilah mengatakan, selain diterbitkan dalam bentuk buku cetak, Buku Sejarah Pengawas Pemilu ini juga diterbitkan dalam versi digital ataukah dalam bentuk format PDF yang bisa diakses melalui website di laman ppid.cilacap.bawaslu.go.id.

Menurut Umi, Buku Napak Tilas Sejarah Pengawas Pilkada dan Pemilu Kabupaten Cilacap tahun 2004-2019, bisa dimanfaatkan untuk semua kalangan, di mana penulisan Buku Sejarah Pengawas Pemilu merupakan program Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. "Secara umum menyasar semua kalangan, bisa pelajar, mahasiswa, pemilih pemula, ataupun para peneliti, karena kita sering kedatangan mahasiswa yang meneliti terkait dengan ilmu sosial, termasuk ilmu kepemiluan," ujarnya. (*)

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.