Berita

Ini 5 Cara Bersilaturahmi Lebaran saat Pandemi Covid-19

Kamis, 13 Mei 2021 - 21:36
Ini 5 Cara Bersilaturahmi Lebaran saat Pandemi Covid-19 Ilustrasi silaturahmi virtual. (Foto: Shutterstock)

TIMES CILACAP, JAKARTA – Kondisi pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus mengurangi aktivitas kontak fisik. Saat lebaran, budaya bersalaman dan maaf-maafan sudah menjadi kegiatan wajib setelah shalat idul fitri.

Namun, karena pandemi Covid-19, dimana masyarakat tidak dibolehkan melakukan kontak fisik seperti berpelukan, cium tangan, dan salaman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat bersilaturahmi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pertama, silaturahmi bisa lewat media daring. Platform live streaming YouTube ata zoom meeting masih menjadi tren yang dapat digunakan sebagai alternatif silaturahmi jarak jauh.

Kedua, video call menggunakan aplikasi WhatsApp, messenger, telegram, line, dan platform digital lainnya. Cara ini cukup mudah dan setiap pemilik smartphone pasti paham cara menggunakannya.

Ketiga, sambungan telefon. Sanak famili yang terpisah karena jarak juga bisa bermaaf-maafan dengan cara saling menelepon. Cara ini klasik, seperti jaman sebelum Covid-19.

Keempat, menggunakan forum chat. Forum chat bisa dimanfaatkan baik person to person maupun dalam forum WhatsApp group. Cara ini biasanya dilakukan di forum keluarga dan kerabat kerja serta sahabat.

Namun cara ini kurang efektif dan kurang sopan. Alangkah lebih baiknya Anda kontak private atau telpon langsung orang yang ingin Anda sapa.

Kelima, mengirim stiker dan poster ucapan. Stiker WhatsApp saat ini cukup bervariasi dan unik. Pengguna bisa mengedit sendiri dari sebuah foto untuk dijadikan stiker yang diinginkan.

Biasanya, foto keluarga dijadikan latar belakang ucapan. Cara ini banyak digunakan dan terbesar di grup WhatsApp.

Itu lah 5 cara alternatif bersilaturahmi lebaran di tengah kondisi pandemi Covid-19. Yuk, jaga kebersamaan dan kedekatan antar keluarga di Hari Kemenangan ini. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.