https://cilacap.times.co.id/
Berita

Program P3-TGAI Berhasil Memakmurkan Para Petani di Ciamis

Jumat, 07 Mei 2021 - 16:19
Program P3-TGAI Berhasil Memakmurkan Para Petani di Ciamis Jaringan irigasi yang telah diperbaiki di Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis (foto: Dok. Kalsum)

TIMES CILACAP, CIAMIS – Program P3-TGAI (Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) telah berupaya memakmurkan para petani di Kabupaten Ciamis. Sebagai implementasi program tersebut, telah ada perbaikan jaringan irigasi yang telah rampung di Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana.

"Adanya program tersebut telah meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan petani. Pasalnya, perbaikan irigasi tersebut telah terasa manfaatnya oleh masyarakat, khususnya petani," tutur Kepala Desa (Kades) Ciparigi, Kalsum Kusmana, Jumat (7/5/2021).

Masyarakat di kawasan tersebut memang mayoritas pencahariannya adalah petani. Sehingga, adanya irigasi tersebut bisa mengoptimalkan hasi budidaya pertanian masyarakat tersebut.

Irigasi Ciamis 1

"Kegiatan perbaikan irigasi dari program ini merupakan bagian dari program padat karya tunai yang digulirkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Pengerjaan perbaikan irigasi ini juga tidak secara swakelola," jelasnya.

Maka, perbaikan irigasi ini dikerjakan oleh penerima program tersebut. Mereka di antaranya bisa Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

"Sementara, di Desa Ciparigi ini telah dikerjakan oleh P3A Karya Makmur, Blok Ciparay," imbuhnya.

Kemudian, salah satu petani Desa Ciparigi Kabupaten Ciamis, Supriyatna mengapresiasi dan berterima kasih terhadap program tersebut. "Terima kasih telah memperhatikan nasib para petani. Kini petani telah menikmati dan merasakan manfaat perbaikan jaringan irigasi ini," ucapnya. (*)

Pewarta : Natasya Putri Suparman (MG-327)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.