https://cilacap.times.co.id/
Berita

Kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Uno di Program ADWI Angkat Ekonomi Masyarakat

Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:27
Kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Uno di Program ADWI Angkat Ekonomi Masyarakat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat kunjungan ke wisata Desa Tirta Agung Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES CILACAP, BONDOWOSO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI) Sandiaga Uno saat kunjungan ke Bondowoso Minggu (7/8/2022) mengapresiasi prestasi Jawa Timur secara umum, dan khususnya Kabupaten Bondowoso dalam pengembangan desa wisata. 

Kopi arabika hasil panen petani Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur memang telah mendunia. Pada 2021, CCI (Coffee Cupping International) Belanda telah sepakat untuk mengimpor kopi asli Bondowoso sebagai bahan baku produksi mereka. 

Kegiatan ekspor oleh petani Bondowoso tersebut difasilitasi oleh Astra. Astra adalah mitra strategis yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) untuk membina desa wisata di Bondowoso. 

"Dari total 3.500 yang mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso, tembus 50 desa wisata terbaik. Kami dari Kemenparekraf mengucapkan selamat dan juga terima kasih untuk Astra sebagai mitra kami," kata Sandi. 

Menurutnya, Jawa Timur adalah pengirim desa wisata terbanyak. Sementara Tirta Agung adalah desa wisata ke-4 dari total 50, berarti Jawa Timur hampir menyumbang 10 persen dari wisata terbaik Indonesia. 

"Kita harapkan ini akan membangkitkan ekonomi. Banyak sekali manfaat desa wisata ini untuk kesejahteraan warga, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. Dalam rangka menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta tahun 2024," papar Sandi.  

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mengapresiasi kehadiran Mas Menteri ke Bondowoso, khususnya di Desa Wisata Tirta Agung.

Dia juga berharap dengan kehadiran Mas Menteri dapat mendukung penataan taman tematik destinasi wisata Kawah Wurung yang dikenal sebagai bukit Teletubbies. "Akan kita buat wahana-wahana permainan anak-anak di sana," ungkap Irwan. 

Kepada awak media, soal treatment desa wisata, Sandi mengatakan pihaknya menggandeng mitra strategis untuk melakukan pembinaan.

"Ini gak boleh berhenti. Ini berkelanjutan. Kami memonitor evaluasi tahun lalu dari Program Anugerah Desa Wisata 2021 peningkatan kunjungannya itu 30 persen," ujar Sandi. 

Dalam kesempatan itu, Sandi juga menjelaskan, target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 – 3,6 juta.

"Target wisatawan nusantara 550 juta pergerakannya. Dan semakin banyak bergerak menuju destinasi berkualitas dan berkelanjutan seperti desa wisata ini," ungkap Sandi optimistis.  

Desa Wisata Tirta Agung masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. Tentu bukan perkara mudah. Mereka telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. 

Di antara kategori tersebut yakni 1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), 2. Souvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), 3. Homestay, 4. Toilet umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE), dan 7. Kelembagaan Desa. Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, yakni Astra.

Bicara daya tarik, desa wisata tersebut memiliki beberapa objek menarik yang dikelola oleh Bumdes. Itu merupakan unit usaha yang menyuguhkan penawaran produk wisata.

Wisata buatan yang saat ini sudah berjalan di Desa Wisata Tirta Agung merupakan satu-satunya destinasi yang mengawali pemanfaatan waduk, persawahan, dan sumber mata air sebagai objek wisata. 

Misalnya gazebo apung, kolam renang alami, Cafe Kala Senja, flying fox, dan berbagai jasa layanan pariwisata berupa persewaan tempat dan reservasi, event area, camping ground, produk kreatif, kuliner, dan homestay bagi pengunjung lokal dan internasional.

Potensi dan prestasi Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso inilah yang diapresiasi Menparekraf RI, Sandiaga Uno. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.