https://cilacap.times.co.id/
Berita

Pemimpin Taliban Pakistan Meninggal Dunia Dibom di Afghanistan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:20
Pemimpin Taliban Pakistan Meninggal Dunia Dibom di Afghanistan Abdul Wali alias Omar Khalid Khorasani (tengah) salah satu pemimpin TTP yang paling berpengaruh, diduga kuat termasuk di antara mereka yang meninggal dunia dalam insiden tersebut. (FOTO: BDNews24/Reuters)

TIMES CILACAP, JAKARTA – Setelah pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, komandan tertinggi Taliban Pakistan, Omar Khalid Khorasani alias Abdul Wali juga meninggal dunia setelah sebuah bom pinggir jalan menghantam mobil yang ditumpanginya, Minggu (7/8/2022) malam.

Seminggu lalu pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri meninggal dunia di Kabul, Afghanistan setelah diserang pesawat tak berawak Amerika Serikat.

Dilansir Al Jazeera, Wali diduga dekat dengan pemimpin pendiri al-Qaeda, Osama bin Laden dan al-Zawahiri. Tetapi tidak  diketahui apakah ada hubungan antara serangan pesawat tak berawak 1 Agustus lalu dengan pemboman Minggu malam.

"Sebuah bom pinggir jalan larut malam di Afghanistan timur telah menghantam sebuah kendaraan yang membawa anggota Taliban Pakistan, menewaskan seorang pemimpin senior dan tiga anggota lain dari kelompok itu," kata beberapa pejabat Pakistan dan kelompok itu.

Abdul Wali, juga dikenal sebagai Omar Khalid Khorasani, adalah seorang komandan tertinggi Taliban Pakistan dan diduga berada di balik beberapa serangan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

"Kendaraan Wali dihantam bom pinggir jalan pada Minggu malam di provinsi Paktika, Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan," kata pejabat Pakistan dan anggota TTP yang berbicara dengan syarat anonim kepada kantor berita The Associated Press.

"Tiga pria lain yang tewas adalah sopir dan dua pembantu dekatnya," tambah mereka.

Kematian Wali memberikan pukulan besar bagi kelompok bersenjata, yang secara resmi dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), dan terjadi seminggu setelah serangan pesawat tak berawak AS di Kabul menewaskan pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri .

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Wali pada Minggu malam itu. Namun Wali masuk dalam daftar paling dicari Departemen Luar Negeri AS dengan imin hadiah hingga $3 juta untuk informasi tentang keberadaannya.

Taliban Pakistan pada hari Senin mengkonfirmasi pembunuhan itu dan menyalahkan agen intelijen Pakistan dalam peristiwa itu, namun tanpa memberikan bukti atau penjelasan lebih lanjut.

Pada tahun 2014, Wali memisahkan diri dari TTP dan membentuk kelompoknya sendiri, Jamaat-ul-Ahrar, yang melakukan beberapa serangan paling mematikan di Pakistan, termasuk pengeboman di kota timur Lahore pada tahun 2016 yang menewaskan sedikitnya 75 orang dari komunitas Kristen minoritas pada hari Minggu Paskah.

Kelompok itu juga mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan dua pegawai Konsulat AS asal Pakistan di kota barat laut Peshawar pada Maret 2016.

Khorasani kemudian membubarkan Jamaat-ul-Ahrar dan bergabung kembali dengan TTP dalam upaya kelompok tersebut untuk menyatukan kembali beberapa kelompok yang terasing.

Departemen Luar Negeri AS menggambarkannya sebagai mantan jurnalis dan penyair yang belajar di beberapa sekolah agama di Pakistan.

Telah terjadi gencatan senjata yang rapuh antara Islamabad dan TTP selama dua bulan terakhir saat pembicaraan damai yang ditengahi oleh jaringan Haqqani Taliban Afghanistan berlangsung.

TTP telah melancarkan serangan bersenjata di Pakistan selama 14 tahun terakhir, berjuang untuk penegakan hukum Islam yang lebih ketat di negara itu, pembebasan anggota mereka yang berada dalam tahanan pemerintah dan pengurangan kehadiran militer Pakistan di wilayah yang didominasi suku di negara itu. .

Kelompok itu telah membunuh hampir 80.000 warga Pakistan dalam hampir dua dekade kekerasan, menurut perkiraan resmi.

Islamabad telah menuntut agar penguasa baru Taliban di sebelah mencegah kelompok bersenjata menggunakan wilayah Afghanistan untuk serangan di dalam Pakistan.

Sebelum pengambilalihan Taliban di Afghanistan, Islamabad dan Kabul sering saling menyalahkan dan menuduh satu sama lain melindungi kelompok-kelompok bersenjata.

Pakistan mengatakan telah menyelesaikan pembangunan lebih dari 93 persen pagar di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan untuk mencegah serangan lintas perbatasan.

Seminggu lalu pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri meninggal dunia setelah sebuah pesawat tak berawak menembakkan rudalnya di Kabul. Kini, pada Minggu (7/8/2022) malam, komandan tertinggi Taliban Pakistan, Omar Khalid Khorasani alias Abdul Wali juga meninggal dunia setelah sebuah bom pinggir jalan menghantam mobil (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cilacap just now

Welcome to TIMES Cilacap

TIMES Cilacap is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.